Peluang bisnis

Banyak banget situs yang sebenernya membuka peluang itu, walau tidak ada tulisan gede-gede “Job Opportunity” atau “Dibutuhkan Segera !” , contoh aja yang populer seperti Elance, dengan daftar aja kita bisa nyari skill yang sesuai dengan kebisaan kita dan kemudian kita pasang profile, etc.
Bagi yang belum tau, Elance adalah tempat pertemuan antara yang mencari job dan yang mencari freelancer, virtual tentunya, artiannya kebanyakan pekerjaan yang diminta adalah produk-produk virtual yang bisa dilakukan jarak jauh. Anda di pelosok daerah di Indonesia, mungkin aja yang menyewa anda dari New York  .
Satu lagi yang sebenernya terbuka banget untuk anak kuliahan, adalah article writer atau penulis konten, buat yang belum tau gambarannya .. biasanya kami -kalau boleh aku mengaku- Imers, sering membutuhkan banyak artikel baru untuk mengisi situs dan landing page. Nah artikel-artikel yang banyak itu nggak mungkin lah si owner situs membuatnya sendiri karena banyak kan yang harus mereka kerjakan, mulai dari bikin situs, promo produk, ngitung modal    dll. Jadi biasanya si pemilik situs ini akan memberikan beberapa topik tulisan yang mereka inginkan dan me-request berapa artikel yang diperlukan… oya, artikel bahasa Inggris umumnya yang diperlukan.
Kalau yang biasanya aku tau, di Indonesia umumnya tarif bikin artikel sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per 200-300 kata, pemesanan dalam jumlah banyak biasanya dikasih korting. Jadi mari kita hitung berapa income anda jika melakukan pekerjaan ini :
Misalnya anda disewa untuk menulis 5 artikel satu topik @200 kata dan anda hargai per artikel yang paling minim @Rp.10.000,- maka anda akan mendapatkan Rp. 50.000 setelah deadline, modal yang anda butuhkan komputer dan sebaiknya internet karena untuk topik-topik yang tidak anda kuasai tempat paling baik untuk mencarinya dengan cepat adalah di internet, jangan khawatir, warnet dimana-mana kan ada. Taruhlah anda perlu browsing sekitar 2-3 jam untuk satu topik @Rp. 5000/jam di warnet yang paling bagus kecepatannya, sebaiknya anda banyak mendownload materinya saja, simpan di flashdisc dan menulis secara offline dirumah atau kampus, jadi modal anda sekitar Rp. 15.000 untuk browsing.
Okay, Rp. 35.000 sisanya memang ngga terlalu banyak, tapi coba kalau anda melakukannya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu atau malah tiap hari ada job, bukankah hasilnya bisa lebih dari bekerja 6 jam sehari di toko atau resto ?
Terus, dimana bisa dapet orang yang mau bayar kita nulis artikel ? ya kalau diem-diem aja sama kemampuan menulis dan English anda orang mana tau ya  … anda bisa gabung dengan Elance kalau mau pasar yang lebih luas, aku ngga tau sudah ada belum di Indonesia yang seperti Elance namun beberapa yang cukup kreatif sudah pada bikin blog sendiri dengan penawaran jasa ini, blog gratisan aja jadi ngga perlu modal lagi kecuali koneksi internet, jangan lupa pasang selain profile skill pasang juga kata kunci “Penulis Konten, article writer, rewriter, ghost writer, writing service, content, copy writing” di blognya, dalam rangka menggapai pencari kata kunci tersebut di search engine seperti Google.
Sedikit tips menulis konten atau artikel untuk situs review atau jual produk dan service seperti ini, biasanya terdiri dari 200-400 kata paling banyak 500 kata, dipisah 2-3 paragraph diselingi dengan kata kunci-kata kunci yang diminta, diulang beberapa kali kata kuncinya tapi jangan terlalu banyak juga, kalau mereview produk acuannya produk-produk yang ada disitus yang diberikan sebagai contoh jadi ngga perlu bingung juga kalau misalnya ngga tau apa-apa soal Cancer tapi harus mereview obat anti cancer  .
Aku ngga menjanjikan, namun kalau mau anda bisa komen disini, siapa tau teman-temanku membacanya dan membutuhkannya, jangan lupa tinggalin email dan kontak bagusnya di tambah url blog atau Facebook agar bisa dihubungi langsung sama yang mau request.
sumber : rivermaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: