WordPress.com atau wordpress.org

Seringkali para pemula dibidang blog merasa sedikit bingung akan istilah wordpress.com dengan wordpress.org. Oleh karenanya, mari kita bahas  agar menjadi tidak simpang siur. Berikut adalah perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org.

WordPress.com adalah penyedia blog gratis, dan flatform blog yang digunakan dinamakan dengan WordPress. Di wordpress.com saya dan anda sekalian bisa membuat blog secara gratis. Kita bisa membuat blog tanpa harus mengeluarkan biaya, tanpa harus mempunyai nama domain ataupun hosting semuanya dijamin gratis.

WordPress.org adalah penyedia flatform blog wordpress. Kita dapat mendownload software wordpress secara gratis dan menggunakannya untuk blog atau website milik kita. Disini, baik domain ataupun hosting benar-benar dibiayai oleh kita. Menggunakan software wordpress.org seringkali disebut dengan wordpress self hosting atau wordpress hosting sendiri.

Dari keterangan singkat diatas, mungkin ada yang berpendapat bahwa mending membuat blog di wordpress.com saja karena semuanya disediakan secara gratis. Pendapat seperti itu mungkin ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar. Membuat blog di wordpress.com memang benar-benar gratis, namun banyak keterbatasan di banding dengan wordpress hosting sendiri.

Berikut beberapa keterbatasan membuat blog di wordpress.com.

Alamat blog adalah subdomain dari wordpress.com

Bila anda membuat blog di wordpress.com, alamat blog anda adalah merupakan subdomain dari wordpress.com. format alamatnya seperti berikut :

http://namabloganda.wordpress.com

Contoh seperti berikut :

http://amen24.wordpress.com

Lain halnya dengan wordpress hosting sendiri, domain yang digunakan bebas sesuai keinginan, bisa menggunakan subdomain ataupun domain, misal seperti berikut :

http://namabloganda.com

Contoh seperti berikut :

http://idtutorial.com

Bagi sebagian orang, menggunakan subdomain wordpress.com mungkin bukanlah suatu masalah, namun bagi sebagian orang lagi akan berbeda. Penggunaan subdomain wordpress.com terkesan kurang professional karena dianggap menumpang di wordpress.com. Terlebih untuk blog atau website yang bersifat bisnis atau jual produk, penggunaan nama domain erat kaitannya dengan tingkat kepercayaan pembaca atau calon pembeli produk website anda.

Namun, sebenarnya di wordpress.com pun anda bisa melakukan custom domain (mengganti dengan alamat domain sendiri) yang disebut dengan Domain maping, tapi hal itu perlu melakukan upgrade yang dengan kata lain anda harus mengeluarkan biaya ekstra.

Tidak bisa install plugin

Untuk keperluan-keperluan khusus, seringkali kita memerlukan suatu plugin tertentu untuk di install, misalkan ingin menjadikan blog anda sebagai blog e-commerce, maka perlu menginstall plugin khusus untuk e-commerce. Hal tersebut tidak bisa dilakukan apabila di wordpress.com. Install plugin tambahan hanya bisa dilakukan apabila wordpress hosting sendiri.

Tidak bisa menggunakan fungsi javascript

WordPress.com mematikan fungsi javascript (disable javascript), apabila anda memasang sebuah javascript baik itu pada posting sidebar atau dimanapun, fungsi javascript tersebut tidak akan berjalan. Terkadang kita memerlukan javascript didalam blog kita, namun hal tersebut dibatasi di wordpress.com

Tidak bisa Install Custom Theme

Anda mempunyai theme favorit hasil kreasi anda sendiri atau membeli dari internet atau dapat download secara gratis, hal itu sulit untuk dilakukan di wordpress.com. Di wordpress.com kita hanya bisa memilih theme yang telah disediakan pihak wordpress.com sendiri. Walaupun sebenarnya kita bisa saja mengontak pihak wordpress.com dan memohon untuk di installkan custom theme, namun tetap saja merupakan suatu hal yang sulit. Berbeda dengan wordpress hosting sendiri, anda bisa menginstall theme sesuai dengan selera, kapanpun anda mau.

Terikat oleh peraturan wordpress.com

Walaupun gratis, namun wordpress.com menetapkan banyak sekali peraturan yang harus di taati oleh para penggunanya. Jika anda melangggarnya, resiko yang dihadapi adalah blog anda akan di tutup.

Jika wordpress self hosting, kita benar-benar terpisah dari wordpress.com. Oleh karenanya, kita lebih leluasa tanpa rasa takut akan peraturan wordpress.com

Hal-hal diatas merupakan sebagian kecil dari keterbatasan membuat blog di wordpress.com.

Walaupun wordpress hosting sendiri banyak kelebihan, namun tentu ada juga kekurangannya. Berikut hal-hal yang dirasa sebuah kekurangan menggunakan wordpress hosting sendiri :

Harus mempunyai nama domain sendiri

Untuk menginstall wordpress, anda harus mempunyai nama domain sendiri yang artinya anda harus mengeluarkan biaya untuk hal ini. Walaupun sebenarnya bisa saja anda menggunakan domain gratis seperti domain co.cc dan yang lainnya, namun penggunaan domain gratis tetap saja terkesan kurang professional dan sangat terikat dengan banyak peraturan.

Harus mempunyai hosting sendiri

Hal lain yang diperlukan adalah sebuah hosting, lagi-lagi ini soal biaya yang harus dikeluarkan. Selain biaya, memilih hosting yang tepat dan tangguh terkadang jadi masalah tersendiri, salah membeli hosting dapat menjadikan anda menderita berkepanjangan.

Instalasi dikerjakan sendiri

Semua keperluan harus dikerjakan sendiri, dari mulai install software wordpress, install plugin, theme, setting permalink dan lain sebagainya. Sebuah kebebasan ( full control ) terkadang akan menjadi sebuah masalahtersendiri apabila tidak menguasai, minimnya pengetahuan menjadikan blog anda tidak mempunyai performa yang baik.

Hal-hal diatas merupakan sedikit ketidak nyamanan menggunakan wordpress self hosting atau wordpress hosting sendiri.

Kesimpulan

Sedikit menarik kesimpulan, membuat blog baik di wordpress.com ataupun wordpress hosting sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pada dasarnya, jika anda hanya ingin membuat blog biasa atau pribadi, wordpress.com mungkin pilihan yang tepat, namun apabila anda menginginkan kebebasan yang lebih atau untuk bisnis, wordpress hosting sendiri mengkin pilihan yang lebih tepat.

2 Tanggapan

  1. hahaha, saya lebih suka WP.com, karena saya jarang update wkawkakwka😛

    • hahahaha

      sah sah aja sobb, thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: