PROCESOR DUALCORE

CPU adalah merupakan otak dari komputer, semakin tinggi kecepatan prosesor semakin tinggi kecepatan kerjanya, sedangkan memori merupakan tempat atau ruang pengolahan data serta tempat menjalankan sistem aplikasi, semakin besar kapasitas memori akan semakin besar pula data yang dapat diolah dan semakin banyak sistim aplikasi yang mampu dijalankan oleh komputer.

Intel sebagai pabrikan chip prosesor terbesar di dunia kembali mengeluarkan terobosan baru dalam bidang komputasi mikroprosesor dengan mengeluarkan Intel Prosesor Dual Core.

Secara umum, keunggulan teknologi Prosesor Dual Core berdasarkan hukum Moore* dalam perkembangannya prosesor selalu mengalami peningkatan kinerja. Selain itu kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada IC masih dianggap relevan bahkan untuk waktu sekarang ini.

Dengan teknologi 65 nanometer Intel berhasil memproduksi chip lebih dari setengah miliar transistor. Ini membuktikan bahwa Prosesor yang diciptakan oleh Intel adalah untuk meningkatkan kecepatan komputasi.

Dapat anda bayangkan dua buah prosesor dengan kecepatan tinggi, digabung menjadi satu?

Secara teori kecepatan komputasi mesin komputer tersebut tentunya di atas rata-rata. Ini dapat kita lihat pada parameter angka prosesor yang ditunjukkan dengan angka Gigahertz. Begitu pula teknologi yang ditanamkan pada Prosesor Dual Core.

Pada prosesor dual core ini akan terjadi pengabungan dua prosesor beserta cache, namun dalam satu kemasan chip atau integrated circuit (IC). Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Dengan dual core, komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip.

Namun, di balik kelebihannnya tersebut, dual core bukan tanpa kekurangan. Di antara kekurangan itu misalnya membutuhkan operating system (OS) yang mampu mengoptimalkan kinerjanya.

Setidaknya kemampuan OS untuk mengoptimalkan SMP (symmetric multi-processing). Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini.

Secara teknis pun dapat dikatakan, dual core sebenarnya tidak akan membuat detak komputer (clock speed) jadi lebih cepat daripada prosesor single core yang mempunyai clock speed tinggi. Dual core hanya akan meningkatkan operasional pengguna PC saja.

Mesin komputasi dengan kecepatan tinggi ini biasanya dipakai untuk kepentingan-kepentingan tertentu seperti riset, penelitian ruang angkasa, laboratorium dan lain-lain.

HARGA BARU MASIH SEKITAR 550 SAMPAI 600RB

SIAPA MINAT???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: